Selasa, 12 April 2016

Perkembangan Internet

ARTIKEL
Teknik Penulisan Ilmiah
“Perkembangan Internet Jaman Sekarang

logo_unair3









Nama : Eva Sahla Rizqiyah
NIM : 071311533017


JURUSAN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2014



Perkembangan Internet Jaman Sekarang
Internet adalah jaringan terbesar didunia ( jaringan global ) yang terdiri dari ratusan bahkan ribuan komputer termasuk jaringan lokal- jaringan lokal yang terletak di seluruh dunia ( Sunarto, 2005 : 18 ). Dalam studi ilmu komunikasi internet juga berperan didalamnya karena ilmu komunikasi juga merupakan ilmu yang bersifat multidisipliner.
Internet 90% sudah menjangkau di negara berkembang saat ini, berbeda dengan 10 tahun yang lalu. Internet sudah merajalela dimana- mana dan dikalangan siapapun penggunanya dari dewasa hingga anak- anak, mulai dari ada manfaatnya hingga tidak diketahui apa manfaatnya. Internet tidak langka seperti jaman dulu, siapapun bisa memainkan atau menggunakan internet.
Jaman dulu manusia bisa menggunakan internet hanya melalui komputer saja, berbeda halnya dengan jaman sekarang yang bisa menggunakan internet melalui hp, gadget, laptop, dsb. Dan manusia sekarang bisa berinternet dimana saja kapanpun dan tidak ada batasannya. Jaman dulu berinteraksi menggunkan internet hanya bisa digunakan untuk email dan media untuk mencari informasi saja, berbeda halnya dengan jaman sekarang yang sudah banyak ditemui aplikasi- aplikasi yang bisa diunduh secara gratis dan tidak sesulit jaman dulu. Aplikasi- aplikasi tersebut seperti line, bbm, path, instagram, ask.fm, kaskus, tokobagus, blogger, dsb. Manusia dapat berinteraksi dengan siapapun dengan media- media seperti itu, tidak seperti 10 tahun yang lalu yang banyak mendapatkan kesulitan untuk berinteraksi dengan saudara atau kerabat yang jauh keberadaannya dan bisa dikatakan sulit sekali untuk berinteraksi.
Fungsi internet adalah media untuk komunikasi dan pertukaran informasi ( Darmawan, 2012 : 97 ). Dari pengertian fungsi tersebut dapat dikatakan bahwa manusia akan menggunakan internet untuk bertukar informasi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok ataupun kelompok dengan kelompok, dengan seperti itu akan lebih memudahkan mereka untuk berinteraksi. Jaman modern seperti sekarang ini hanya bermodalkan hp atau modem sudah bisa menggunakan internet dan tidak susah payah seperti jaman dulu. Jaman dulu harus menggunakan komputer yang harus sambung dengan jaringan- jaringan satu dengan yang lainnya dan itupun juga tidak mudah, contohnya jaringan LAN ( Lokal Area Network ) jaringan ini merupakan jaringan komputer yang hanya dapat menghubungkan komputer yang jaraknya tidak jauh yang dalam satu gedung dan jaraknya tidak lebih kira- kira kurang lebih 10km, ada juga jaringan WAN ( Wide Area Network) jaringan ini memiliki radius yang sangat luas, yaitu dapat antar negara, antar benua dan tidak ada batasannya dan bersifat umum, berbeda halnya dengan LAN yang hanya bisa menjangkau beberapa kilometer saja.
Dalam internet  pasti ada sisi positif dan juga sisi negatifnya, sisi positif dari berkembangnya internet pada jaman sekarang akan lebih memudahkan manusia untuk saling berinteraksi satu sama lain dan tidak mengalami kesusahan seperti jaman dulu yang harus mengirimkan surat untuk beriteraksi, jaman sekarang juga bisa dikatakan bahwa sisi positif dari internet juga sebagai ajang untuk berbisnis dan menghasilkan uang. Di sisi negatifnya dari internet juga ada, seperti halnya tidak memanfaatkan internet sebaik mungkin atau menyalahgunakan internet.
            Sisi positif dari  internet contohnya saja seorang ibu rumah tangga yang dalam sehari- harinya harus memenuhi kebutuhan suami dan anak- anaknya tetapi disisi lain internet juga dapat bermanfaat bagi ibu rumah tangga tersebut, misalnya berjualan sampingan melalui media instagram, ketika ibu rumah tangga tersebut sudah menyelesaikan pekerjaannya sebagai ibu rumah tangga. Kemudian berjualan baju, sepatu atau yang lainnya di instagram dan hal tersebut juga akan bermanfaat dan dapat menghasilkan uang dari pada ibu rumah tangga tersebut membuang- buang waktunya untuk hal yang tidak bermanfaat. Sedangkan sisi negatifnya adalah maraknya penyalahgunaan internet untuk kejahatan. Misalnya seorang yang berkenalan melalui dunia maya atau berkenalan menggunakan aplikasi bbm, seseorang tersebut tidak mengenal sebelumnya kemudian mereka berkenalan dan bertemu, disitu bisa dikatakan bahwa seseorang tersebut dapat juga diculik, perampokan bahkan bisa jadi sebagai korban pemerkosaan untuk perempuan. Dengan adanya dampak negatif seperti itu sebaiknya orang- orang lebih berhati- hati dalam menggunakan media- media yang sudah semakin maju seperti sekarang ini.
            Kemajuan teknologi modern khususnya yang berkaitan dengan kemajuan komputer, akhir- akhir ini merupakan salah satu faktor yang memengaruhi pembaruan ttidak hanya dalam sektor bisnis, telekomunikasi, tetapi juga dalam dunia pendidikan. Dalam bidang pendidikan, pemerintah dan masyarakat umu telah memberikan perhatian yang mendalam tentang kemajuan teknologi modern ini. Sebab sangat disadari, peranan dan fungsi teknologi dalam kemajuan dunia pendidikan. Teknologi dapat membantu mencapai sasaran dan tujuan pendidikan sehingga proses belajar mengajar akan lebih berkesan dan bermakna ( Darmawan, 2012 : 89 ). Seperti yang dikutip dalam buku Pendidikan teknologi Informasi dan Komunikasi tersebut adalah bahwa internet sangatlah berperan penting dalam dunia pendidikan, dan akan dapat membantu lebih mudah untuk mencapai sasaran dan tujuan yang seperti yang di inginkan dalam dunia pendidikan. Ada pula dampak negatif internet dalam dunia pendidikan, contohnya saja aplikasi X yang ditawarkan di smartphone- smartphone secara gratis. Aplikasi tersebut mungkin untuk sebagian orang merupakan sisi positif dan bagi sebagian orang lainnya merupakan sisi negatif. Karena dalam aplikasi X tersebut bisa dikatakan bahwa akan membuat anak malas untuk belajar atau mengerjakan tugas. Aplikasi tersebut bisa dicontohkan misalnya seperti ini “siapa nama presiden pertama ?” didalam aplikasi tersebut beberapa menit atau beberapa detik kemudian akan memunculkan jawaban “Soekarno” jawaban tersebut dihasilkan atau dibantu oleh orang- orang yang komentar dalam postingan diaplikasi tersebut dan banyak juga dijumpai  anak- anak sekolah yang meminta jawaban tugas- tugas sekolahnya melalui aplikasi tersebut dan aplikasi tersebut dapat membuat para pelajar malas untuk belajar dan lebih berpegang kepada aplikasi tersebut. Mungkin sebagian orang menggnakan aplikasi tersebut untuk mendapatkan jawaban yang benar- benar tidak bisa dijawab tetapi sebagian pelajar lain aplikasi tersebut disalah gunakan oleh mereka. Karena aplikasi tersebut diperuntukkan untuk para pelajar dan disitu sudah disediakan mulai dari SD kelas1 – 6, SMP kelas 7- 9 dan SMA kelas 10- 12. Disitu akan lebih banyak pelajar yang menyalah gunakan aplikasi tersebut dan membuat pelajar jaman sekarang ini malas untuk berpikir dan belajar.
            Komunikasi adalah proses sistematik bertukar informasi di antara pihak- pihak, biasanya lewat sistem simbol biasa. Komunikasi adalah juga disiplin ilmu yang mempelajari komunikasi. Komunikasi secara ilmiah dapat juga berarti proses penyampaian pesan atau informasi dari pengirim ( komunikator atau sender ) kepada penerima ( komunikan atau receiver ) dengan menggunakan simbol atau lambang tertentu baik secara langsung maupun tidak langsung ( menggunakan media ) untuk mendapatkan umpan balik atau feedback (Darmawan, 2012 : 27 ). Seperti yang sudah dibahas dalam paragraf keempat internet berfungsi untuk bertukar informasi.
            Metode, fasilitas, dan perangkatnya pun sudah berkembang maju sedemikian modernnya sehingga sekarang dunia seakan tidak ada batas lagi, manusia dapat berhubungan satu sama lain dengan begitu mudah dan cepat. Komunikasi adalah sebuah proses interaksi untuk berhubungan satu pihak ke pihak lainnya, yang pada awalnya berlangsung sangat sederhana dimulai dengan sejumlah ide yang abstrak atau pikiran dalam otak seseorang untuk mencari data atau menyampaikan informasi yang kemudian dikemas menjadi sebentuk pesan untuk kemudian disampaikan secara langsung maupun tidak langsung menggunakan bahasa berbentuk kode visual, kode suara atau kode tulisan ( Darmawan , 2012 : 27 ).
Seperti penjelasan beberapa hal mengenai hubungan internet dengan komunikasi, komunikasi dan internet sangat berhubungan. Contohya saja pertukaran informasi menggunakan aplikasi facebook, didalam facebook individu dengan individu lainnya bisa saling berinteraksi, antara satu orang atau lebih dan didalam proses komunikasi tersebut ada unsur umpan balik atau ada feedback disebut  proses komunikas dua arah / interaksi / linier, komunikator dapat berubah peran menjadi komunikan dan sebaliknya. Sedangkan untuk proses komunikasi satu arah atau linier berbeda halnya dengan dua arah yang harus ada feedback sedangkan dalam satu linier tidak ada feedback dan harus menimbulkan efek. Contohnya pidato seorang presiden dalam stasiun televisi Q yang tidak ada umpan balik, Presiden bersifat aktif dan masyarakat bersifat pasif.
Dalam berinteraksi ada proses- proses komunikasi dan ada unsur- unsur didalammnya. Misalnya si A dan si B berinteraksi menggunakan media line, dalam proses penyampaian pesan yang akan disampaikan si A kepada si B terdapat unsur- unsur yang pertama adalah encoding – decoding , sumber – penerima, pesan, saluran/ media, efek, umpan balik atau feedback, gangguan dan konteks.  
Enkoding – Dekoding, enkoding adalah kegiatan memproduksi pesan, individu yang melakukan kegiatan ini disebut enkoder. Enkoding terjadi pada sumber/ komunikator (Moerdijati, 2012 : 51 ). Kaitannya dengan internet yang menggunakan media line berarti si A akan memproduksi sebuah ide kemudian ide tersebut dirumuskan dalam kode dan selanjutnya dikirim melalui aplikasi line berbentuk pesan untuk si B.
Sumber – Penerima, dalam kegiatan komunkasi minimal melibatkan dua orang yaitu sumber/ komunikator dan penerima/ komunikan ( Moerdijati, 2012 : 51 ). Dalam proses berintaksi menggunakan aplikasi apapun pasti harus melibatkan minimal dua orang agar dalam proses interaksi tersebut ada komunikator dan komunikan. Pesan, tentu dalam proses berinteraksi pasti ada pesan yang akan disampaikan, jika tidak ada pesan maka tidak bisa disebut  melakukan proses interaksi. Saluran / media adaah sarana untuk menyampaian pesan yang akan dikirim oeh komunikator kepada komunikan. Karena dalam artikel ini yang dibahas adalah internet tentu saluran/ medianya bukan lagi secara langsung tatap muka tetapi menggunakan media untuk bertukar informasi atau menyampaikan pesan contohnya bertukar informasi menggunakan aplikasi line. Tentu dalam proses berinteraksi pasti ada efeknya, efek ini lebih cenderung terjadi pada komunikan/ penerima. Selain efek ada juga umpan balik, umpan balik ini lebih bersifat terjadi pada sumber/ komunikator jadi pesan yang disampaikan oleh komunikator itu diberikan kepada komunikan kemudian komunikan memberikan feedback untuk komunikator. Dalam proses berinterasi ada juga gangguan- gangguannya misalnya dalam menggunakan line sinyal provider Y mengalami gangguan sehingga menjadikan pesan yang akan disampaikan kepada si A untuk si B terganggu atau terhambat.
 Dan proses unsur komunikasi yang terakhir adalah konteks. Komunikasi tidak terjadi pada ruang hampa sosial, tetapi dalam suatu konteks atau situasi tertentu, dan konteks ini memengaruhi bentuk dan isi dari pesan ( Moerdijati, 2012 : 54 ). contohnya dalam penyampaian pesan dari seorang anak kepada gurunya tentu lebih sopan dan baik tutur katanya sedangkan penyampaian pesan dari anak untuk temannya bisa saja menggunakan bahasa kasar dan tidak selembut berbicara kepada gurunya.
Contoh salah satu teori komunikasi yang berkaitan dengan internet yaitu teori komunikasi Harold Laswell. Menurut Laswell bahwa surveillance ditujukan pada kegiatan mengumpulkan dan meyebarkan informasi mengenai peristiwa – peristiwa dalam suatu lingkungan, dengan perkataan lain, yaitu penggarapan atau pengolahan berita ( Darmawan, 2012 : 31 ).
Model – model komunikasi yang berhubungan dengan internet, yang pertama model Shanon dan Weaver. Berdasarkan model matematikal ini perkembangan dan penerapan istilah komunikasi berkembang lebih luas ( Darmawan, 2012 : 33 ). Unsur – unsur dalam Shannon dan Weaver ada 10, yakni (1) sumber informasi ( information source ), (2) pesan ( message ), (3) pemancar ( transmitter ) berfungsi mengubah pesan menjadi (4) tanda – tanda ( signal ) yang sesuai dengan salurannya, (5) saluran ( channel ), (6) penerima sinyal ( receive signal ), (7) transmitter ( alat yang digunakan untuk menerima tanda ), (8) pesan ( message ), (9) tujuan ( destination ), (10) gangguan ( noise ) ( Moerdijati, 2012 : 81 ).
Yang kedua adalah model Sirkular Osgood dan Schramm, model ini menitikberatkan pembahasannnya pada perilaku pelaku – pelaku utama dalam proses komunikasi. Digambarkan bahwa pelaku utama pada saat tertentu akan bertindak atau berperan sama, yaitu dijelaskan dengan adanya encoding dan decoding atau menyandi balik, dan interpreting atau menafsirkan ( Darmawan, 2012 : 33 ).
 Yang ketiga adalah Helical Dance, Denis Mcquail & Sven Windal (1981:16) menjelaskan bahwa “proses komunikasi, seperti halnya semua proses sosial, yaitu terdiri dari unsur – unsur, hubungan – hubungan (relations), dan lingkungan – lingkungan yang terus menerus berubah.” Implikasinya terhadap individu yang aktif berkomunikasi maka kognitifnya secara tetap membesar dan meluas. Kondisi inilah yang diperlukan dalam proses belajar, dimana suatu informasi pembelajaran tertentu hendaknya dipahami dan berbagai sudut pandang secara luas ( Darmawan, 2012 : 34 ).
Tujuan dari berkembangnya internet pada saat ini penggunaan internet sebagai media pembelajaran dan referensi dilatar belakangi oleh masalah keterbatasan sumber informasi konvensional yang tidak dapat memenuhi harapan kita untuk mendapatkan informasi yang layak dan berguna. Dengan ini maka internet menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga kita dapat berkomunikasi dengan siapapun seperti dengan para pakar atau ahli ditempat lain. Internet sebagai jaringan global untuk berkomunikasi dari satu lokasi ke lokasi lain di seluruh dunia. Contohnya sekolah, universitas, institusi, museum, perusahaan, bank, dll.
Kesimpulannya adalah internet sekarang sudah sangat modern berbeda dengan jaman dulu, tidak seperti jaman dulu yang banyak mengalami kesulitan untuk berinteraksi sebelum adanya internet dan internet pada jaman dulu. Seperti yang dikatakan bahwa fungi komunikasi adalah mediakomunikasi dan pertukaran informasi, dalam internet juga pasti ada sisi positif dan negatifnya juga dan harus sebaik mungkin menggunakan internet dan tidak menyalahgunakannya. Internet juga berpengaruh dalam pendidikan dan ada sisi positif dan negatifnya juga. Komunikasi berhubungan erat dengan internet dan saling berhubungan satu sama lain.  Ada juga contoh teori komunikasi dan model- model komunikasi yang berhubungan dengan internet. Dan yang terakhir adalah tujuan dari berkembangnya penggunaan internet sebagai media pembelajaran dan referensi.






DAFTAR PUSTAKA
Darmawan, Deni. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. 2012
Moerdijati, Sri. Pengantar Ilmu Komunikasi. Surabaya : PT Revka Petra Media. 2012
Sunarto. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Grasindo. 2005


Tidak ada komentar:

Posting Komentar