ARTIKEL
Teknik Penulisan
Ilmiah
“Perkembangan Internet Jaman
Sekarang”
Nama : Eva Sahla Rizqiyah
NIM : 071311533017
JURUSAN
ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2014
Perkembangan Internet Jaman
Sekarang
Internet adalah jaringan
terbesar didunia ( jaringan global ) yang terdiri dari ratusan bahkan ribuan
komputer termasuk jaringan lokal- jaringan lokal yang terletak di seluruh dunia
( Sunarto, 2005 : 18 ). Dalam studi ilmu komunikasi internet juga berperan
didalamnya karena ilmu komunikasi juga merupakan ilmu yang bersifat
multidisipliner.
Internet 90% sudah menjangkau
di negara berkembang saat ini, berbeda dengan 10 tahun yang lalu. Internet
sudah merajalela dimana- mana dan dikalangan siapapun penggunanya dari dewasa
hingga anak- anak, mulai dari ada manfaatnya hingga tidak diketahui apa
manfaatnya. Internet tidak langka seperti jaman dulu, siapapun bisa memainkan atau
menggunakan internet.
Jaman dulu manusia bisa
menggunakan internet hanya melalui komputer saja, berbeda halnya dengan jaman
sekarang yang bisa menggunakan internet melalui hp, gadget, laptop, dsb. Dan
manusia sekarang bisa berinternet dimana saja kapanpun dan tidak ada batasannya.
Jaman dulu berinteraksi menggunkan internet hanya bisa digunakan untuk email
dan media untuk mencari informasi saja, berbeda halnya dengan jaman sekarang
yang sudah banyak ditemui aplikasi- aplikasi yang bisa diunduh secara gratis
dan tidak sesulit jaman dulu. Aplikasi- aplikasi tersebut seperti line, bbm,
path, instagram, ask.fm, kaskus, tokobagus, blogger, dsb. Manusia dapat
berinteraksi dengan siapapun dengan media- media seperti itu, tidak seperti 10
tahun yang lalu yang banyak mendapatkan kesulitan untuk berinteraksi dengan
saudara atau kerabat yang jauh keberadaannya dan bisa dikatakan sulit sekali
untuk berinteraksi.
Fungsi internet adalah media
untuk komunikasi dan pertukaran informasi ( Darmawan, 2012 : 97 ). Dari
pengertian fungsi tersebut dapat dikatakan bahwa manusia akan menggunakan
internet untuk bertukar informasi antara individu dengan individu, individu
dengan kelompok ataupun kelompok dengan kelompok, dengan seperti itu akan lebih
memudahkan mereka untuk berinteraksi. Jaman modern seperti sekarang ini hanya
bermodalkan hp atau modem sudah bisa menggunakan internet dan tidak susah payah
seperti jaman dulu. Jaman dulu harus menggunakan komputer yang harus sambung
dengan jaringan- jaringan satu dengan yang lainnya dan itupun juga tidak mudah,
contohnya jaringan LAN ( Lokal Area Network ) jaringan ini merupakan jaringan
komputer yang hanya dapat menghubungkan komputer yang jaraknya tidak jauh yang
dalam satu gedung dan jaraknya tidak lebih kira- kira kurang lebih 10km, ada
juga jaringan WAN ( Wide Area Network) jaringan ini memiliki radius yang sangat
luas, yaitu dapat antar negara, antar benua dan tidak ada batasannya dan
bersifat umum, berbeda halnya dengan LAN yang hanya bisa menjangkau beberapa
kilometer saja.
Dalam internet pasti ada sisi positif dan juga sisi
negatifnya, sisi positif dari berkembangnya internet pada jaman sekarang akan
lebih memudahkan manusia untuk saling berinteraksi satu sama lain dan tidak
mengalami kesusahan seperti jaman dulu yang harus mengirimkan surat untuk
beriteraksi, jaman sekarang juga bisa dikatakan bahwa sisi positif dari
internet juga sebagai ajang untuk berbisnis dan menghasilkan uang. Di sisi
negatifnya dari internet juga ada, seperti halnya tidak memanfaatkan internet
sebaik mungkin atau menyalahgunakan internet.
Sisi
positif dari internet contohnya saja
seorang ibu rumah tangga yang dalam sehari- harinya harus memenuhi kebutuhan
suami dan anak- anaknya tetapi disisi lain internet juga dapat bermanfaat bagi
ibu rumah tangga tersebut, misalnya berjualan sampingan melalui media
instagram, ketika ibu rumah tangga tersebut sudah menyelesaikan pekerjaannya
sebagai ibu rumah tangga. Kemudian berjualan baju, sepatu atau yang lainnya di
instagram dan hal tersebut juga akan bermanfaat dan dapat menghasilkan uang
dari pada ibu rumah tangga tersebut membuang- buang waktunya untuk hal yang
tidak bermanfaat. Sedangkan sisi negatifnya adalah maraknya penyalahgunaan
internet untuk kejahatan. Misalnya seorang yang berkenalan melalui dunia maya
atau berkenalan menggunakan aplikasi bbm, seseorang tersebut tidak mengenal
sebelumnya kemudian mereka berkenalan dan bertemu, disitu bisa dikatakan bahwa
seseorang tersebut dapat juga diculik, perampokan bahkan bisa jadi sebagai
korban pemerkosaan untuk perempuan. Dengan adanya dampak negatif seperti itu
sebaiknya orang- orang lebih berhati- hati dalam menggunakan media- media yang
sudah semakin maju seperti sekarang ini.
Kemajuan
teknologi modern khususnya yang berkaitan dengan kemajuan komputer, akhir-
akhir ini merupakan salah satu faktor yang memengaruhi pembaruan ttidak hanya
dalam sektor bisnis, telekomunikasi, tetapi juga dalam dunia pendidikan. Dalam
bidang pendidikan, pemerintah dan masyarakat umu telah memberikan perhatian
yang mendalam tentang kemajuan teknologi modern ini. Sebab sangat disadari,
peranan dan fungsi teknologi dalam kemajuan dunia pendidikan. Teknologi dapat
membantu mencapai sasaran dan tujuan pendidikan sehingga proses belajar
mengajar akan lebih berkesan dan bermakna ( Darmawan, 2012 : 89 ). Seperti yang
dikutip dalam buku Pendidikan teknologi Informasi dan Komunikasi tersebut
adalah bahwa internet sangatlah berperan penting dalam dunia pendidikan, dan
akan dapat membantu lebih mudah untuk mencapai sasaran dan tujuan yang seperti
yang di inginkan dalam dunia pendidikan. Ada pula dampak negatif internet dalam
dunia pendidikan, contohnya saja aplikasi X yang ditawarkan di smartphone-
smartphone secara gratis. Aplikasi tersebut mungkin untuk sebagian orang
merupakan sisi positif dan bagi sebagian orang lainnya merupakan sisi negatif.
Karena dalam aplikasi X tersebut bisa dikatakan bahwa akan membuat anak malas
untuk belajar atau mengerjakan tugas. Aplikasi tersebut bisa dicontohkan
misalnya seperti ini “siapa nama presiden pertama ?” didalam aplikasi tersebut
beberapa menit atau beberapa detik kemudian akan memunculkan jawaban “Soekarno”
jawaban tersebut dihasilkan atau dibantu oleh orang- orang yang komentar dalam
postingan diaplikasi tersebut dan banyak juga dijumpai anak- anak sekolah yang meminta jawaban
tugas- tugas sekolahnya melalui aplikasi tersebut dan aplikasi tersebut dapat
membuat para pelajar malas untuk belajar dan lebih berpegang kepada aplikasi
tersebut. Mungkin sebagian orang menggnakan aplikasi tersebut untuk mendapatkan
jawaban yang benar- benar tidak bisa dijawab tetapi sebagian pelajar lain
aplikasi tersebut disalah gunakan oleh mereka. Karena aplikasi tersebut
diperuntukkan untuk para pelajar dan disitu sudah disediakan mulai dari SD
kelas1 – 6, SMP kelas 7- 9 dan SMA kelas 10- 12. Disitu akan lebih banyak
pelajar yang menyalah gunakan aplikasi tersebut dan membuat pelajar jaman
sekarang ini malas untuk berpikir dan belajar.
Komunikasi
adalah proses sistematik bertukar informasi di antara pihak- pihak, biasanya
lewat sistem simbol biasa. Komunikasi adalah juga disiplin ilmu yang
mempelajari komunikasi. Komunikasi secara ilmiah dapat juga berarti proses
penyampaian pesan atau informasi dari pengirim ( komunikator atau sender )
kepada penerima ( komunikan atau receiver ) dengan menggunakan simbol atau
lambang tertentu baik secara langsung maupun tidak langsung ( menggunakan media
) untuk mendapatkan umpan balik atau feedback (Darmawan, 2012 : 27 ). Seperti yang
sudah dibahas dalam paragraf keempat internet berfungsi untuk bertukar
informasi.
Metode,
fasilitas, dan perangkatnya pun sudah berkembang maju sedemikian modernnya
sehingga sekarang dunia seakan tidak ada batas lagi, manusia dapat berhubungan satu
sama lain dengan begitu mudah dan cepat. Komunikasi adalah sebuah proses
interaksi untuk berhubungan satu pihak ke pihak lainnya, yang pada awalnya
berlangsung sangat sederhana dimulai dengan sejumlah ide yang abstrak atau
pikiran dalam otak seseorang untuk mencari data atau menyampaikan informasi
yang kemudian dikemas menjadi sebentuk pesan untuk kemudian disampaikan secara
langsung maupun tidak langsung menggunakan bahasa berbentuk kode visual, kode
suara atau kode tulisan ( Darmawan , 2012 : 27 ).
Seperti penjelasan beberapa hal mengenai hubungan
internet dengan komunikasi, komunikasi dan internet sangat berhubungan.
Contohya saja pertukaran informasi menggunakan aplikasi facebook, didalam
facebook individu dengan individu lainnya bisa saling berinteraksi, antara satu
orang atau lebih dan didalam proses komunikasi tersebut ada unsur umpan balik
atau ada feedback disebut proses
komunikas dua arah / interaksi / linier, komunikator dapat berubah peran
menjadi komunikan dan sebaliknya. Sedangkan untuk proses komunikasi satu arah
atau linier berbeda halnya dengan dua arah yang harus ada feedback sedangkan
dalam satu linier tidak ada feedback dan harus menimbulkan efek. Contohnya
pidato seorang presiden dalam stasiun televisi Q yang tidak ada umpan balik,
Presiden bersifat aktif dan masyarakat bersifat pasif.
Dalam berinteraksi ada proses- proses komunikasi dan ada
unsur- unsur didalammnya. Misalnya si A dan si B berinteraksi menggunakan media
line, dalam proses penyampaian pesan yang akan disampaikan si A kepada si B
terdapat unsur- unsur yang pertama adalah encoding – decoding , sumber –
penerima, pesan, saluran/ media, efek, umpan balik atau feedback, gangguan dan
konteks.
Enkoding – Dekoding, enkoding adalah kegiatan memproduksi
pesan, individu yang melakukan kegiatan ini disebut enkoder. Enkoding terjadi
pada sumber/ komunikator (Moerdijati, 2012 : 51 ). Kaitannya dengan internet
yang menggunakan media line berarti si A akan memproduksi sebuah ide kemudian
ide tersebut dirumuskan dalam kode dan selanjutnya dikirim melalui aplikasi
line berbentuk pesan untuk si B.
Sumber – Penerima, dalam kegiatan komunkasi minimal
melibatkan dua orang yaitu sumber/ komunikator dan penerima/ komunikan (
Moerdijati, 2012 : 51 ). Dalam proses berintaksi menggunakan aplikasi apapun
pasti harus melibatkan minimal dua orang agar dalam proses interaksi tersebut
ada komunikator dan komunikan. Pesan, tentu dalam proses berinteraksi pasti ada
pesan yang akan disampaikan, jika tidak ada pesan maka tidak bisa disebut melakukan proses interaksi. Saluran / media
adaah sarana untuk menyampaian pesan yang akan dikirim oeh komunikator kepada
komunikan. Karena dalam artikel ini yang dibahas adalah internet tentu saluran/
medianya bukan lagi secara langsung tatap muka tetapi menggunakan media untuk bertukar
informasi atau menyampaikan pesan contohnya bertukar informasi menggunakan
aplikasi line. Tentu dalam proses berinteraksi pasti ada efeknya, efek ini
lebih cenderung terjadi pada komunikan/ penerima. Selain efek ada juga umpan
balik, umpan balik ini lebih bersifat terjadi pada sumber/ komunikator jadi
pesan yang disampaikan oleh komunikator itu diberikan kepada komunikan kemudian
komunikan memberikan feedback untuk komunikator. Dalam proses berinterasi ada
juga gangguan- gangguannya misalnya dalam menggunakan line sinyal provider Y
mengalami gangguan sehingga menjadikan pesan yang akan disampaikan kepada si A
untuk si B terganggu atau terhambat.
Dan proses unsur
komunikasi yang terakhir adalah konteks. Komunikasi tidak terjadi pada ruang
hampa sosial, tetapi dalam suatu konteks atau situasi tertentu, dan konteks ini
memengaruhi bentuk dan isi dari pesan ( Moerdijati, 2012 : 54 ). contohnya
dalam penyampaian pesan dari seorang anak kepada gurunya tentu lebih sopan dan
baik tutur katanya sedangkan penyampaian pesan dari anak untuk temannya bisa
saja menggunakan bahasa kasar dan tidak selembut berbicara kepada gurunya.
Contoh salah satu teori komunikasi yang berkaitan dengan
internet yaitu teori komunikasi Harold Laswell. Menurut Laswell bahwa
surveillance ditujukan pada kegiatan mengumpulkan dan meyebarkan informasi
mengenai peristiwa – peristiwa dalam suatu lingkungan, dengan perkataan lain,
yaitu penggarapan atau pengolahan berita ( Darmawan, 2012 : 31 ).
Model – model komunikasi yang berhubungan dengan
internet, yang pertama model Shanon dan Weaver. Berdasarkan model matematikal
ini perkembangan dan penerapan istilah komunikasi berkembang lebih luas (
Darmawan, 2012 : 33 ). Unsur – unsur dalam Shannon dan Weaver ada 10, yakni (1)
sumber informasi ( information source ), (2) pesan ( message ), (3) pemancar (
transmitter ) berfungsi mengubah pesan menjadi (4) tanda – tanda ( signal )
yang sesuai dengan salurannya, (5) saluran ( channel ), (6) penerima sinyal (
receive signal ), (7) transmitter ( alat yang digunakan untuk menerima tanda ),
(8) pesan ( message ), (9) tujuan ( destination ), (10) gangguan ( noise ) (
Moerdijati, 2012 : 81 ).
Yang kedua adalah model Sirkular Osgood dan Schramm,
model ini menitikberatkan pembahasannnya pada perilaku pelaku – pelaku utama
dalam proses komunikasi. Digambarkan bahwa pelaku utama pada saat tertentu akan
bertindak atau berperan sama, yaitu dijelaskan dengan adanya encoding dan decoding atau menyandi balik, dan interpreting atau menafsirkan ( Darmawan, 2012 : 33 ).
Yang ketiga adalah
Helical Dance, Denis Mcquail & Sven Windal (1981:16) menjelaskan bahwa
“proses komunikasi, seperti halnya semua proses sosial, yaitu terdiri dari
unsur – unsur, hubungan – hubungan (relations), dan lingkungan – lingkungan
yang terus menerus berubah.” Implikasinya terhadap individu yang aktif
berkomunikasi maka kognitifnya secara tetap membesar dan meluas. Kondisi inilah
yang diperlukan dalam proses belajar, dimana suatu informasi pembelajaran
tertentu hendaknya dipahami dan berbagai sudut pandang secara luas ( Darmawan,
2012 : 34 ).
Tujuan dari berkembangnya internet pada saat ini
penggunaan internet sebagai media pembelajaran dan referensi dilatar belakangi
oleh masalah keterbatasan sumber informasi konvensional yang tidak dapat
memenuhi harapan kita untuk mendapatkan informasi yang layak dan berguna.
Dengan ini maka internet menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga kita
dapat berkomunikasi dengan siapapun seperti dengan para pakar atau ahli
ditempat lain. Internet sebagai jaringan global untuk berkomunikasi dari satu
lokasi ke lokasi lain di seluruh dunia. Contohnya sekolah, universitas,
institusi, museum, perusahaan, bank, dll.
Kesimpulannya adalah internet sekarang sudah sangat
modern berbeda dengan jaman dulu, tidak seperti jaman dulu yang banyak
mengalami kesulitan untuk berinteraksi sebelum adanya internet dan internet
pada jaman dulu. Seperti yang dikatakan bahwa fungi komunikasi adalah
mediakomunikasi dan pertukaran informasi, dalam internet juga pasti ada sisi
positif dan negatifnya juga dan harus sebaik mungkin menggunakan internet dan
tidak menyalahgunakannya. Internet juga berpengaruh dalam pendidikan dan ada
sisi positif dan negatifnya juga. Komunikasi berhubungan erat dengan internet
dan saling berhubungan satu sama lain.
Ada juga contoh teori komunikasi dan model- model komunikasi yang
berhubungan dengan internet. Dan yang terakhir adalah tujuan dari berkembangnya
penggunaan internet sebagai media pembelajaran dan referensi.
DAFTAR PUSTAKA
Darmawan,
Deni. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : PT Remaja
Rosdakarya. 2012
Moerdijati,
Sri. Pengantar Ilmu Komunikasi. Surabaya : PT Revka Petra Media. 2012
Sunarto.
Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Grasindo. 2005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar