Selasa, 12 April 2016

homo sapiens, homo faber, homo economicus, homo ludens, dll

TUGAS
ANTROPOLOGI

logo universitas airlangga.jpg

Oleh :
Eva Sahla Rizqiyah
071311533017

JURUSAN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2014



1.     Homo Sapiens
Mahluk yang berpikir sehingga merupakan makhluk yang cerdas dan bijaksana.
Homo Sapiens memliki bentuk tubuh seperti manusia sekarang. Memiliki sifat seprti manusia, hidupnya sederhana dan menjadi pengembara.

2.     Homo Symbolycum

3.     Homo Faber
Manusia dapat membuat alat- alat dan mempergunakannya atau disebut sebagai manusia kerja dengan salah satu tindakan dan atau wujud budayanya berupa barang buatan manusia (artifact).

4.     Homo Religious
Manusia menyadari adanya kekuatan gaib yang memiliki kemampuan lebih hebat daripada kemampuan manusia, sehingga menjadikan manusia berkerpecayaan atau beragama.

5.     Homo Economicus
Mengadakan usaha atas dasar perhitungan ekonomi. Salah satu prinsip dalam hukum ekonomi adalah, bahwa semua kegiatan harus atas dasar untung rugi, untung apabila input lebih besar daripada output, sedangkan rigi sebaliknya atau output lebih besar daripada input.

6.     Homo Ludens
Manusia adalah makhluk yang suka bermain. Seluruh hidupnya merupakan permainan yang harus dilakukannya. Bukan hanya untuk anak- anak permainan itu dilakukan tetapi orang dewasa juga.

7.     Homo Humanus dan Homo Aesteticus
Homo Humanus adalah manusia berbudaya sedangkan Homo Aesteticus adalah manusia yang tahu akan keindahan.

8.     Homo Langues
Manusia dapat berbicara sehingga apa yang menjadi pemikiran dalam otaknya dapat disampaikan melalui bahasa kepada manusia lain.

9.     Homo Socius

Manusia dapat hidup bermasyarakat , bukan bergerombol sebagai hewan yang hanya mengenal hukum rimba, yaitu yang kuat yang berkuasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar